BERITAKars PatiUncategorized

SINERGITAS PENYULUH AGAMA DAN POLISI RW KAB. REMBANG GIATKAN MODERASI BERAGAMA

Berbagi yuks..

Kab. Rembang ( Moderanesia.com) – Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kabupaten Rembang menggelar acara Halal bi halal yang dihelat pada Jumat (19/5/2023) di aula Kemenag Rembang. 

Hadir dalam acara ini, Kapolres dan jajarannya, Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Kafit dan jajaran pejabat, Ketua MUI Kabupaten Rembang, KH Atho’illah, dan segenap penyuluh Agama Islam, baik PNS maupun non PNS.

Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kabupaten Rembang bersama Kapolres Rembang membuat satu kesepakatan antara PAI dan Polisi RW bekerjasama dalam menggaungkan moderasi beragama dan penguatan kerukunan umat beragama.

Polres Rembang telah membuat program Polisi RW dalam rangka pelayanan keamanan dan ketertiban kepada masyarakat hingga tingkat RW.

“Sebagai program kolaborasi dengan Kemenag Rembang, kami akan melibatkan penyuluh Agama Islam, bersama-sama turun ke lapangan. Memberikan penyuluhan kepada masyarakat, membasmi paham-paham radikalisme dan menguatkan moderasi beragama,” kata Kapolres ketika diwawancara usai kegiatan.

Kapolres Rembang, AKBP Suryadi mengajak segenap Penyuluh Agama Islam di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Rembang untuk memerangi radikalisme. Menurut Kapolres, musuh bangsa Indonesia saat ini adalah radikalisme yang mengancam integritas bangsa.

Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Kafit mengatakan, penyuluh adalah ujung tombak dan garda terdepan Kementerian Agama di tingkat Kecamatan. Walaupun gajinya tidak seberapa, namun mereka tetap ikhlas dan semangat dalam menjalankan tugasnya memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

Kakankemenag menegaskan, melalui Penyuluh Agama Islam, Kemenag Rembang siap mendukung program Polisi Ngaji Polisi Nyantri yang digagas oleh Kapolres.

“Kami juga meminta dukungan Polres Rembang dalam penguatan moderasi beragama pada tahun 2023 ini sebagai tahun kerukunan,” kata Kakankemenag.

Hadir pula Ketua MUI Kabupaten Rembang, KH Atho’illah Muslim, dalam tausiyahnya mengajak peserta untuk selalu meningkatkan iman dan taqwa, beristiqomah dalam beribadah setelah perayaan Idul Fitri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *