BERITAKars Pekalongan

LPTQ Kabupaten Tegal Selenggarakan MTQ Tahun 2024

Berbagi yuks..

Kars Pekalongan ( Moderanesia.com ) -Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Tegal 2024, yang berlangsung di Pendopo Amangkurat Pemda resmi diselenggarakan pada sabtu, 2 Maret 2024. 

Pembukaan MTQ berlangsung meriah, dengan mengusung tema “Musabaqoh Tilawati Quran sebagai alternatif mencetak generasi Muttaqin demi peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat kabupaten Tegal”. Kegiatan dibuka  oleh PJ. Bupati Tegal yang diwakili Sekda, Amir Mahmud, didampingi Ketua LPTQ kab Tegal H. M. Aqsho, dan Kabag Kesra Kab. Tegal.

H. M. Aqsho dalam sambutannya melaporkan bahwa MTQ tahun ini diikuti oleh 300 peserta dari 18 kecamatan se-Kab. Tegal dan  akan bersaing di 16 cabang yang terbagi dalam 20 majelis sudah mulai memanfaatkan media digital.  “MTQ tahun ini berbeda dengan yang sebelumnya oleh karena tertib administrasi dan penilaian terintegrasi dg sistem digital”, jelasnya.

Sementara itu, Bupati dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekda mengungkapkan, Kegiatan MTQ yang dilaksanakan setiap tahun sekali ini sebagai sarana evaluasi bukan tujuan akhir. Tujuan yang lebih penting adalah untuk meneguhkan diri dalam meningkatkan kualitas maupun kuantitas interaksi dengan Al Quran. Beliau juga  mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk bersama-sama menjadikan Al Qur’an sebagai landasan dalam pembentukan mental, karakter, akhlak serta rasa persatuan.

“MTQ sebagai ajang untuk mencetak generasi emas yang mencintai Al Quran dan senantiasa berinovasi untuk memajukan masyarakat kita yang unggul”, terang Bupati.

Perhelatan ini ditutup dengan pengumuman hasil lomba yang menempatkan Kafilah Kecamatan Tarub sebagai juara umum dengan perolehan 7 emas 2 perak dan 3 perunggu, disusul kecamatan Talang dengan 5 emas 2 perak dan 3 perunggu. Selanjutnya para juara akan mewakli Kabupaten Tegal dalam MTQ Tingkiat provinsi Jawa Tengah yang rencananya dan akab diadakan di Kab. Pati 26-27 April 2024. (Azhar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *