BERITAKars Pekalongan

MTQ Brebes Digelar Lagi Setelah Vakum 2 Tahun

Berbagi yuks..

Brebes – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Umum XXIX Tk. Kab. Brebes Tahun 2022  telah selesai. Setelah vakum selama 2 tahun, kegiatan MTQ Tk. Kab. Brebes akhirnya dapat kembali dilaksanakan, bertempat di aula utama gedung Islamic Center Kab. Brebes, Jl. Yos Sudarso, Pasar Batang, Kec/Kab. Brebes, pada hari Selasa (14/06/22).

MTQ merupakan salah satu agenda kegiatan rutin tahunan, yang diselenggarakan oleh Pemerintah RI, sejak di Tk. Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi hingga sampai di Tk. Pusat.

MTQ Tk. Kab. Brebes dimaksudkan sebagai bagian dari Syiar Islam dalam rangka mencari bibit-bibit potensial yang ada di wilayah Kab. Brebes di bidang Al-Qur’an, khususnya di bidang Tilawah dan Hafalan Al-Qur’an.

Penyelenggaraan MTQ Tk. Kab. Brebes Tahun 2022 diikuti oleh 17 kontingen, yang berasal dari 17 Kecamatan yang tersebar di dua wilayah bagian utara dan selatan dari Kabupaten Brebes.

Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB, diawali dengan serangkaian penampilan berbagai macam pentas kesenian Islam. Kemudian, acara dibuka secara resmi oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Pemda Kab. Brebes, selakui Ketua Umum pada MTQ Umum XXIX Tk. Kab. Brebes Tahun 2022,  Drs. Khaerul Abidin, M.M.

Kegiatan MTQ tahun 2022 terdiri dari 9 cabang perlombaan, yaituTartil Al-Qur’an putra/putri, Tilawah Anak-Anak putra/putri, Tilawah Remaja putra/putri, Tilawah Dewasa putra/putri, Tahfidz 1 Juz & Tilawah putra/putri, Tahfidz 5 Juz & Tilawah putra/putri, Tahfidz 10 Juz putra/putri, Tahfidz 20 Juz putra/putri, dan Tahfidz 30 Juz putra/putri.

Acara berjalan dengan sangat meriah dan penuh antusias dari para peserta dan pelatih, serta pendamping/official dari masing-masing kontingen. Puncak dari acara berakhir pada pukul 17.30 WIB, dengan penyerahan piala dan hadiah kepada para juara, dimana 11 piala diantaranya berhasil diboyong oleh Kontingen dari Kec. Bantarkawung,, dengan rincian 3 emas, 2 perak, dan 1 perunggu, serta 1 harapan I, 2 harapan II, dan 2 harapan III.

Dengan perolehan 11 piala tersebut, Kecamatan Bantarkawung berhak atas Piala Bergilir MTQ Kab. Brebes, dan berhasil mendapatkan predikat sebagai Juara Umum pada MTQ Umum XXIX Tk. Kab. Brebes Tahun 2022.

Siti Zubaidah, S.Ag, Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) KUA Kec. Bantarkawung, selaku pendamping/official peserta MTQ Kec. Bantarkawung menyatakan, bahwa prestasi yang berhasil didapatkan oleh Kontingen Kec. Bantarkawung, sungguh di luar ekspektasi.

“Prestasi sebagai Juara Umum ini jauh di luar dugaan kami. Tentunya senang dan bangga sekali bisa membawa pulang Piala Bergilir ini ke daerah selatan – Bantarkawung”, tuturnya. (Wachidatuzzuhro, PAIF Brebes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *