BERITAKars Pekalongan

Kemenag Kabupaten Tegal MoU dengan Bupati Tegal Cegah Stunting

Berbagi yuks..

Tegal – Moderanesia.com – Selasa, 24 Oktober 2023, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati dilaksanakan nota kesepakatan atau MOU antara Hj. Umi Azizah ( Bupati Tegal ) dengan H.M. Aqso ( Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal ) tentang pendampingan dan pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin sebagai upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Tegal.

Bupati Tegal menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Agama yang telah membawa serta segenap jajarannya pada acara tersebut. Dimana itu membuktikan komitmen yang tinggi untuk ikut serta mendukung kegiatan penurunan stunting di Kabupaten Tegal.

H.M. Aqso juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada segenap jajaran KUA dan penyuluh Agama Islam.

“Garda terdepan dalam mensosialisasikan penurunan stunting di Kemenag adalah penyuluh Agama, melalui kegiatan di majlis-majlis taklim, Bimbingan Remaja Usia Nikah (BRUN), Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) pada sekolah dan madrasah dan Bimbingan Pra Nikah bagi Calon Pengantin di semua kecamatan”, jelasnya.

Adapun point kesepatakan antara Kementerian Agama Kabupaten Tegal dengan Pemkab Tegal antara lain;

  1. Memberikan bimbingan bagi para calon pengantin sebelum melaksanakan ijab qobul
  2. Mendorong dan mengarahkan para catin untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan sebagai syarat pendaftaran nikah.
  3. Memberikan penyuluhan kepada keluarga dan calon pengatin tentang pencegahan stunting
  4. Meningkatkan cakupan bimbingan perkawinan bagi remaja dan calon pengantin.

Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan program-program penyuluhan dan pemberdayaan khususnya bagi calon pengantin guna percepatan penurunan stunting di Kabupaten Tegal. (by:liya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *