BERITANasional

Menag Luncurkan Logo Hari Santri Nasional 2023

Berbagi yuks..

Nasional (moderanesia.com) – Pada Jumat (6/10/2023), Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI) H Yaqut Cholil Qoumas meresmikan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023 yang bertempat di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama Republik Indonesia.

Tema Hari Santri Nasional tahun 2023 adalah “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Tema ini menekankan bahwa kejayaan dan kemerdekaan negara juga merupakan hasil jihad atau perjuangan para santri.

Selain meluncurkan tema tersebut, Menag juga meluncurkan logo Hari Santri 2023. Peluncuran tersebut dilakukan secara simbolis dengan menekan tombol di atas panggung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Wakil Menteri Agama Saiful Rahman Dasuki.

Dalam kesempatan tersebut Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama RI Bapak Ali Ramadhani mengungkapkan bahwa tema Hari Santri tahun 2023 sangat kekinian dan relevan dengan kehidupan bermasyarakat dan beragama.

“Kami yakin tema ini sangat kekinian dan relevan dengan kehidupan sosial dan keagamaan kita saat ini dan oleh karena itu kami berharap dapat diterima oleh masyarakat luas,” ujarnya.

Sejumlah kegiatan telah disiapkan dalam rangka menyambut Hari Santri 2023, antara lain Festival Seni dan Budaya Santri bertajuk “Festival Mahrojan” di Kota Lama Semarang pada tanggal 14 – 22 Oktober 2023. Festival tersebut meliputi tiga kegiatan: “Pameran Seni Rupa”, “Malam Gebyar Seni Budaya”, dan “Melukis Bareng Gus Men dan Gus Mus”. Berikutnya adalahKopdar Akbar Kemandirian Pesantren di Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Tengah. Berikutnya Karnaval Santri dengan rute Banten hingga Surabaya pada 8 hingga 22 Oktober.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *