BERITAJatengNasional

Wisata Religi Cerdas: Napak Tilas Nasionalisme di Ponpes Tebu Ireng Jombang

Berbagi yuks..

( Moderanesia.com / JOMBANG ) — Delegasi Wisata Religi Cerdas Jawa Tengah baru-baru ini Ahad (17/7/2022) bersilaturahim ke pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang Jawa Timur. Agenda utamanya adalah napak tilas nasionalisme dan komitmen kebangsaan di salah satu pesantren tertua yang membidani kelahiran resolusi jihad di awal fase kemerdekaan NKRI.

“Alhamdulillah kami disambut langsung oleh Gus Irfan Yusuf, salah satu cucu Simbah KH Hasyim Asy’ari. Dari beliau langsung kita mendengar awal mula pesantren Tebuireng dan posisinya pada perjuangan kemerdekaan,” tutur Al Mukaromah sekretaris Umum kelompok kerja Penyuluh Agama Islam (Pokjaluh) Jawa Tengah.

Dilanjutkannya, usai beramah tamah dengan pengasuh dan Dewan asatidz, napak tilas dilanjutkan dengan ziarah ke makam KH Hasyim Asy’ari dan Gus Dur. “Semoga kita mampu mengambil spirit perjuangan para ulama sekaligus pahlawan Kusuma bangsa. Mewarisi kecintaan pada bangsa sebagai ekspresi keIslaman kita,” pungkasnya.

Selama perjalanan Semarang – Jombang, delegasi wisata religi cerdas mengadakan mini lokakarya on the road dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Dakwah MUI Jawa Tengah Kyai Anashom. Pada sesi pertama yakni perjalan berangkat, peserta yang berasal dari penyuluh agama Islam se Jawa Tengah menyampaikan capaian program layanan keagamaan berbasis pada kekhususan situasi kondisi daerah masing-masing.

Selanjutnya pada sesi kedua yakni pada perjalanan pulang, disampaikan catatan-catatan penting sebagai tanggapan atas pemaparan sesi pertama. “Kasus dari 35 kabupaten kota ini menjadi khazanah pengayaan model layanan keagamaan bagi para pemeluk Islam baru. Tentu akan kami dokumentasi sehingga menjadi bekal ke depan agar layanan keagamaan dapat lebih bagus lagi,” simpul Anashom pada saat penutupan kegiatan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *