ARTIKELRefleksi

Tahun Baru, Syukuri dan Siap Berbenah Diri

Berbagi yuks..

Oleh: Azizah Herawati

Moderanesia.com – Pergantian tahun selalu menjadi momentum istimewa bagi semua orang. Berbagai peristiwa di tahun yang telah berlalu tentu menjadi catatan panjang dan kenangan tak terlupakan. Ada suka, ada duka. Semua mengalir sesuai sunnah-Nya. Sebuah anugerah tak terkira ketika Allah, Sang Maha Cinta masih menakdirkan kita untuk kembali bersua.

Tahun baru tak sekedar meriahnya perayaan pesta. Bahkan tanpa pesta pun tak berarti cela. Justru dari sinilah tonggak kita ditancapkan untuk menjemput asa. Saatnya berbenah dengan bercermin, berkaca diri, apa target yang sudah terlampaui. Sebaliknya, mengevaluasi mana yang belum sesuai ekspektasi. Tak perlu disesali, saat target tak terpenuhi. Segera persiapkan diri membuat resolusi sekaligus berbenah diri.

“…..Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal”. (QS. Ali Imran (03): 159)

Ayat ini mengajarkan kepada kita tentang pentingnya membulatkan tekad diiringi ikhtiar dan kepasrahan kepada Allah Yang Maha Kuasa. Bukankah bumi ini dibentangkan untuk dimanfaatkan oleh seluruh penghuni alam semesta? Tentu kita tidak rela jika bumi kita tercinta ini jauh dari maslahat. Dengan demikian, tak ada yang pantas kita lakukan kecuali mensyukuri keberadaannya dengan segala nikmat di dalamnya.

Selain bersyukur atas segala nikmat, sebagai hamba dari Sang Khalik, tentu kita harus siap berbenah. Ketika kita meninggalkan masa lalu dan tiba di masa yang baru, sudah pasti kita tak mau mengulang kegagalan. Cukuplah hal itu menjadi pelajaran untuk memulai menyongsong masa depan yang lebih baik. Terus berbenah mempertahankan kebaikan, menjaganya agar tetap istiqamah dan berusaha untuk terus meningkat. Allah Swt. berfirman dalam surat Al-Hasyr (59): 18 yang artinya:
“Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat). Bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan”.

Kita tentu tidak asing dengan ayat ini, karena sangat identik dengan ayat muhasabah awal tahun. Dalam ayat tersebut, Allah menggunakan perintah takwa hingga dua kali. Hal ini menunjukkan bahwa menjaga ketakwaan kapan pun, di mana pun dan dalam kondisi seperti apa pun adalah sebuah keniscayaan. Oleh karena itu, marilah kita sambut tahun baru ini dengan syukur dan semangat untuk berbenah diri menjadi lebih baik. Kita jadikan masa lalu sebagai pelajaran untuk mempersiapkan masa depan, baik saat kita masih di dunia maupun kehidupan di akhirat kelak. Semoga Allah Swt. senantiasa membimbing dan mengiringi langkah-langkah kita. Aamiin ya rabbal ‘alamin.

Selamat Tahun Baru 2024

Magelang, 1 Januari 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *