BERITAKars Kedu

Pelepasan Bibit Ikan di Kolam Kampung Moderasi Beragama (KMB)

Berbagi yuks..

Magelang (moderanesia.com) – Dalam upaya peningkatan kerukunan beragama dikalangan pemuda penting untuk diarahkan pada sektor ekonomi produktif. Kamis, 4/12/2023 digelar ramah tamah elemen Pokja Kampung Moderasi Beragama dan pelepasan 1000 bibit ikan Bawal yang dihadiri elemen Forkompimcam Srumbung, Polsek, Danramil, Kepala KUA Kecamatan Srumbung, tokoh lintas agama Islam, Katholik, Kristen, Pemerintah Desa Pucanganom, Pemuda Baruna pelaku program dan para penyuluh agama Islam KUA Kecamatan Srumbung sebagai fasilitator program.

Budi Riyanto Camat Srumbung menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh atas inisiasi tindak lanjut launching Kampung Moderasi Beragama oleh Menteri Agama RI dimana saat itu turut menghadiri via zoom bersama Kemenag Kabupaten Magelang.
Dikatakan bahwa salah satu fondasi moderasi beragama adalah mampu asaptif dengan kearifan lokal, dimana bisa dilakukan pemanfaatan potensi sumber daya manusia dengan sumber daya alam yang diwujudkan dalam bentuk budi daya ikan yang dilakukan para pemuda Baruna Dusun Nglampu. Diharapkan kegiatan ini terus berlanjut hingga bisa dirasakan proses edukasi dan akhirnya menghasilkan nilai ekonomis, tandasnya.

Salman Alfarisi direksi pemasaran BMT Bima Muntilan melalui program pemberdayaan ekonomi umat ULAZ MKU BIMA mengatakan bahwa kami senang dan siap mengawal program kerjasama ini sehingga kedepan menjadi tonggak kewirausahaan yang bisa dikembangkan dan bisa dibeayai lebih besar dengan standar komitmen permodalan.

Ahmad Attabik Amrulloh Kepala Desa Pucanganom dalam sambutannya mengatakan bahwa potensi budi daya ikan Desa Pucanganom memiliki sejarah panjang sebagai sentra budi daya ikan, tetapi lambat laun tidak produktif dikarenakan permasalahan pemasaran.
Maka perlu terobosan strategi pemasaran salah satunya dengan memanfaatkan digital marketing yang kini menjadi kebutuhan disetiap usaha produksi.

Atok Rahman Hakim Penyuluh Agama Islam Fungsional KUA Srumbung selaku fasilitator program Kampung Moderasi Beragama Dusun Nglampu Desa Pucanganom menyampaikan bahwa program Kampung Moderasi Beragama dibutuhkan dukungan dan sinergi oleh multi elemen yang ada.
Diharapkan budi daya ikan oleh pemuda BARUNA menjadi salah satu media berkumpul kerukunan yang produktif dan edukatif. Mengucapkan terima kasih kepada BMT Bima dan Baznas Kabupaten Magelang sebagai mitra program ini, semoga saling bisa memberikan manfaat. (atok1926)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *