Ibadah MuamalahMATERI

Ingin Peroleh Istana di Surga, Amalkan ini di Bulan Rajab

Berbagi yuks..

Oleh : Duwi Rohmah, (PAIF Kab. Banjarnegara)

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan haram atau dimuliakan. Dalam Qur’an surah At-Taubah ayat 36, Allah telah menjelaskan tentang jumlah bulan dalam satu tahun dan diantaranya ada 4 bulan yang mulia. Kemudian Rasululloh SAW dalam sabdanya yang diriwayatkan oleh Al Bukhori dan Muslim, menyebutkan rincinan namanya yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Pada bulan-bulan ini kita dianjurkan untuk banyak beramal sholeh dan mengurangi kemaksiatan.

Menurut Riwayat Abu Nuaim dan Ibnussuni ,setiap memasuki bulan Rajab, Rasululloh SAW senantiasa membaca doa : 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allaahumma baariklanaa fii Rajaba wa Sya’baana Wa Ballighnaa Ramadhana.

Yang artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban ini, dan sampaikanlah umur kami bertemu Ramadhan.”

Karena termasuk bulan mulia, maka Allah melipatgandakan pahala bagi mereka yang beramal. Dan sebagai umat Islam, alangkah baiknya untuk berusaha menjadi hamba yang taat serta menambah semangat beribadah dengan memahami keutamaan bulan Rajab.

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Rajab adalah bersedekah. Bersedekah di bulan ini mendatangkan pahala yang sangat besar, salah satunya adalah akan dibangunkan sebuah istana di surga Firdaus.

Rasulullah dalam hadisnya menyebutkan dengan jelas, keutamaan bersedekah di bulan Rajab.

عن عبد الله بن زبير رضى الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال من فرج عن مؤمن كربة فى شهر رجب وهو شهر الله الأصم أعطاه الله تعالى فى الفردوس قصرا مد بصره ألا فأكرموا رجب يكرمكم الله عز وجل بألف كرامة

Artinya: “Barang siapa yang melonggarkan satu beban kehidupan sesama saudara mukmin di bulan Rajab, Allah akan membangunkan istana untuknya di surga Firdaus yang luasnya sejauh pandangan matanya. Karena itu, muliakanlah bulan Rajab, pasti Allah akan memuliakanmu dengan seribu kemuliaan”.

Selain dibangunkan istana, Allah swt akan menjauhkan dari api neraka, bagi mereka yang mau sedekah dibulan Rajab. Sebagaimana hadits Rasulallah SAW.

عن عقبة عن سلامة بن قيس يرفعه الى النبى صلى الله عليه وسلم انه قال من تصدق فى رجب باعده الله من النار كمقدار غراب طار فرخا من وكره فى الهوى حتى مات هرما وقيل الغراب يعيش خمسمائة عام

Artinya: “Barang siapa bersedekah di bulan Rajab, maka Allah SWT akan menjauhkannya dari api neraka sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua”.

Dengan keterangan hadis di atas, semoga kita semua bisa memperbanyak sedekah di bulan Rajab, sehingga akan terhindar dari api neraka dan dibangunkan istana di surga Firdaus. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *